kismantoro.com, KISMANTORO–Hujan yang turun setiap hari dihampir semua wilayah Indonesia tahun ini, selain mendatangkan berkah, ternyata juga membawa bencana. Salah satunya seperti yang terjadi dijalur lintas Wonogiri menuju Pacitan tepatnya di wilayah desa Pucung kecamatan Kismantoro.

Disepanjang jalur yang hampir seluruhnya berupa tebing dan ngarai dimusim hujan seperti ini rawan terjadi tanah longsor. Pengendara harus ekstra hati-hati apalagi saat melintas diwaktu hujan turun. Material berupa batu dan tanah banyak yang jatuh memenuhi badan jalan.

Jalaur jalan raya yang menurun agak curam dan licin (foto : amb)

Demi menjaga keselamatan disarankan bagi pelintas dengan menggunakan kendaraan bermotor agar berhenti terlebih dahulu ditempat yang aman sambil menunggu hujan reda. Jalur yang lumayan ekstrim ditambah keterbatasan jarak pandang pengendara karena air hujan dan kabut tebal sangat beresiko rawan kecelakaan manakala terjadi tebing yang longsor.

Meskipun pihak pemerintah, dalam hal ini dinas perhubungan kabupaten Wonogiri sudah memasang marka dan tanda jalan disepanjang jalur perlintasan tersebut, tetapi resiko kecelakaan tetap bisa terjadi.

Jalur tanjakan yang rawan longsor dari tebing (foto : amb)

Hal tersebut dikarenakan rute dan medan jalan yang curam serta licin, apalagi perjalanan diwaktu malam hari.

Tetap hati-hati dan jaga keselamatan di jalan, karena keluarga menanti dirumah. (AMB)