kismantoro.com, KISMANTORO–Dalam rangka meningkatkan kesadaran anak dalam kebersihan dan kesehatan, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret periode 2020 mengadakan kegiatan Pendidikan Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di SD Negeri 1 Plosorejo, Plosorejo, Kismantoro, Wonogiri.

Rangkaian kegiatan PHBS dibagi menjadi dua kali pertemuan, dimana pertemuan pertama pada Senin, 27 Januari 2020. Kegiatan yang diikuti oleh siswa Kelas III, IV, V, dan VI diisi dengan sosialisasi materi dasar PHBS. Ditayangkan beberapa video dan materi yang disampaikan oleh Indira Sekar Ramadhanty perihal PHBS. Pertemuan kedua dilaksanakan pada Senin, 3 Februari 2020, dengan peserta siswa yang sama.

Pada pertemuan kedua dilakukan kegiatan praktik mencuci tangan menggunakan sabun dengan benar. Siswa terlihat antusias mengikuti kegiatan praktik mencuci tangan tersebut. Peserta dibagi menurut jenjang kelas dan berbaris antri di belakang kran air menunggu giliran. Mahasiswa KKN membimbing cara mencuci tangan dengan benar.

Peserta yang telah selesai kemudian diarahkan untuk kembali ke kelas mengikuti kegiatan selanjutnya. Kegiatan ini diharapkan dapat membiasakan siswa untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir. Dengan ketersediaan wastafel di SD Negeri 1 Plosorejo, diharapkan siswa dapat terbiasa mencuci tangan baik sebelum makan ataupun setelah berkegiatan. Tidak hanya di sekolah namun juga di rumah.

PENULIS : ROHMAT WISNUGROHO (Mahasiswa UNS Solo)