kismantoro.com,KISMANTORO–Produk asli Kismantoro tidak dapat dipandang sebelah mata. Pasalnya, produk yang berbahan baku lokal daerah ini tidak kalah saing dengan produk – produk seperti yang di mall, toko modern, supermarket dan lainnya. Adalah Tiwul Crispy produk Mekar Sari yang merupakan produk unggulan yang sedang kekinian, binaan Pendamping PKH Kecamatan Kismantoro Wonogiri. Bahkan, produk ini sudah go nasional. Pemasarannya selain bisa datang langsung ke lokasi industri produk, toko oleh-oleh, toko modern seperti alfamart bisa juga dibeli lewat online dan menerima pengiriman keseluruh wilayah Indonesia.

Dikatakan oleh Agus Saryanto, S.T. selaku Korcam Pendamping PKH, produk Tiwul Crispi  sudah sering kali mengikuti pameran produk baik di tingkat kecamatan, kabupaten, propinsi maupun nasional. Produk ini pun belum lama ini mengikuti pameran di Kota Banjar baru Kalimantan Selatan pada acara puncak Peringatan Hari kesetia kawanan Sosial Nasional HKSN 2019, mendapatkan kehormatan untuk mengisi stand produk unggulan KUBE Berprestasi Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial RI.

Produk tiwul krispi mekar sari meraih predikat kube berprestasi nasional (foto : agus)

“Produk Tiwul Crispy berbahan dasar dari singkong gaplek asli Kismantoro Wonogiri, pemasarannya lewat e-commerse, lewat instagram, di Facebook juga ada, kita memasarkan,” jelasnya.

“Kita bangga kepada produk Kismantoro karena Produk Tiwul Crispy yang berbahan dasar dari singkong gaplek asli Kismantoro Wonogiri sudah bisa diterima pasar dan mulai banyak pelanggan seiring semakin banyaknya permintaan pembeli maupun penjual, seperti penjual online, toko oleh-oleh, toko modern, dan lainnya,” sambungnya.

Produk tiwul krispi olahan kube mekar sari (foto : admin)

Dengan produk ini bisa memberikan semangat dan inspirasi bahwa pemanfaatan bahan local asli daerah bisa memberikan nilai ekonomi yang bagus untuk warga masyarakat. Tiwul Crispy Mekar Sari menunjukkan keberhasilannya mengembangkan ekonomi masyarakat serta menonjolkan produk unggulan daerah di bidang pertanian. Meskipun Kismantoro merupakan daerah pinggiran perbatasan yang jauh dari kota, namun bisa memunculkan produk yang menarik yang bisa membanggakan Kismantoro, keterbatasan tidak menghalangi orang untuk terus berkreasi menghasilkan produk-produk yang bisa bersaing, produksi bersaing di level nasional,

Pemerintah Kabupaten Wonogiri terus berupa ya mendorong produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk segera siap bersaing di pasaran. Perijinan seperti PIRT sangat di sarankan untuk segera dimiliki untuk semua produk, agar tak kalah bersaing dengan produk pabrikan besar yang dijual di pasaran.

Gubernur jateng mencicipi tiwul krispi saat pameran pesta rakyat hut jateng di wonogiri (foto : agus)

Saat ini sudah banyak sekali produk sejenis yang berbahan baku singkong gaplek, bahkan ada juga produk yang sama persis dengan Tiwul Crispy Mekar Sari hanya berbeda merk saja.“Salah satu langkah yang diambil ialah dengan terus memperbaiki kualitas produk, pengemasan, hingga branding produk serta menjaga ketersediaan stok adalah langkah dari KUBE PKH MEKAR SARI selaku produsen Tiwul Crispy untuk mampu menggaet pasar yang lebih besar lagi kedepannya,” pungkas Pendamping PKH. [agus]