kismantoro.com, KISMANTORO–Ada komunitas penghobi seni tanaman bonsai di Kecamatan Kismantoro, mereka berasal dari berbagai kalangan usia di berbagai wilayah desa dan kelurahan. Komunitas ini mencoba memanfaatkan dan mengoleksi berbagai jenis tanaman yang ada di wilayah Kismantoro dijadikan seni tanaman bonsai. Komunitas Bonsai Kismantoro yang sudah berdiri sejak dua tahun yang lalu, memiliki 30 orang anggota dan telah memiliki ratusan koleksi tanaman bonsai yang dihasilkan.

Komunitas ini menjadi sebuah ajang untuk menunjukkan potensi Kismantoro disegi bahan tanaman lokal yang bisa diolah menjadi seni tanaman bonsai, dengan tidak meninggalkan atau merusak keseimbangan alam lokal. Komunitas ini dibentuk secara spontan oleh teman-teman, baik yang sudah memiliki koleksi bonsai bagus, yang baru belajar dengan bahan, maupun yang baru sekedar suka dengan bonsai.

Komuntas bonsai kismantoro menggelar pameran bonsai (foto : agus)

Komunitas bonsai Kismantoro juga pernah menggelar pameran terbuka di lapangan Desa Miri 2 tahun silam. Tujuan ikut menggelar stand pameran bonsai tersebut adalah untuk memperkenalkan keindahan seni membonsai tanaman dan ragam tanaman yang bisa di bonsai untuk hiasan rumah dan halaman rumah. Pameran tanaman bonsai dilakukan untuk menggugah jiwa seni warga masyarakat Kismantoro terhadap tanaman, sehingga semua kita mau belajar seni bonsai dan mengembangkan seni tersebut terhadap tanaman disekitar kita.

Selama ini masyarakat hanya tahu beberapa jenis tanaman yang bisa di bonsai dengan berbagai bentuk yang indah. Padahal banyak tanaman lainnya lokal Kismantoro yang bisa di bonsai menjadi tanaman yang indah dan memiliki nilai jual, seperti tanaman asam jawa, beringin, waru, kembang kertas (bougenvil), loa, klampis, kelapa, jambu kerikil, hokiantie, bambu, walikukun, wahong, mentaos dan lainnya masih banyak lagi. Proses pembuatan bonsai adalah kreasi seni, membentuk tanaman hidup menjadi indah dengan bentuk yang kita inginkan, mewujudkan bentuk tanaman sesuai imajinasi kita.

Anggota komunitas bonsai kismantoro saat kopdar (foto : agus)

Pernah komunitas bonsai Kismantoro mengadakan pertemuan antar anggota sekedar untuk silaturahmi dan berkumpul untuk bertukar pikiran, berbagi inspirasi, dan termasuk dalam hal perawatan pohon bonsai sendiri, dan bertukar informasi tentang bahan bonsai. Waktu pertemuan tidak menentu, spontan saja antar anggota untuk mengadakan kopdar.

Proses pembuatan dan perawatan bonsai ini memang membutuhkan waktu cukup lama. Tidak ada isitilah selesai untuk karya seni bonsai selama tanaman yang kita bonsai masih hidup. Tanaman bonsai  membutuhkan waktu yang sangat lama untuk proses menjadi karya menarik nan indah, jadi sangat membutuhkan kesabaran yang luar biasa dari kita yang menanamnya. Bonsai itu sendiri pengertiannya adalah tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalam pot dangkal dengan tujuan membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas.

Beberapa koleksi nampak dipajang saat pameran (foto : agus)

Perawatan tanaman bonsai meliputi pemotongan dan pemangkasan tanaman, pengawatan  untuk pembentukan cabang dan dahan, membuat perakaran yang bagus. Juga pemberian pupuk, penyiraman, penggantian media, penggantian pot agar terus menyesuian ukuran dan bentuk bonsai. Bonsai adalah tanaman yang sangat menakjubkan. Tidak hanya memiliki bentuk yang indah, tanaman ini juga punya manfaat yang sangat baik dan penting bagi kehidupan manusia, yang diantaranya adalah sebagai penyumbang oksigen, bisa menghasilkan oksigen untuk bernafas dengan segar, menjadikan rumah lebih asri dan hijau.

Jika ingin belajar memulai seni tanaman bonsai adalah cukup mudahsetiap jenis tanaman yang memiliki batang pohon bisa digunakan untuk bahan bonsai. Hanya langkah dan tekniknya saja yg berbeda beda perlakuannya. Yang jelas bahan di wilayah Kismantoro cukup untuk memulai belajar, dengan catatan yang terpenting tetap harus menjaga keseimbangan alam dan tidak boleh merusak alam. Juga untuk memulai belajar bonsai bisa saja membeli bibit tanaman dari para penjual yang bisa kita rawat menjadi bakalan bonsai. Ada juga para pemula yang membeli tumbuhan bonsai yang sudah setengah jadi untuk dilanjutkan dirawat menjadi bonsai yang indah. Silahkan kita bisa pilih yang mana. Yuk mari belajar seni tanaman bonsai bersama Komunitas Bonsai Kismantoro. [agus]