kismantoro.com, Sleman–Siswa SMPN 1 Turi hanyut di Sungai Sempor, Dusun Dukuh, Desa Donokerto, Turi, Sleman. Dari info awal, siswa yang hanyut itu merupakan siswa yang sedang melakukan kegiatan susur sungai.

“Benar (ada info siswa SMPN 1 Turi hanyut),” kata Kabid kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Makwan melalui pesan singkat, Jumat (21/2/2020).

Makwan menjelaskan kejadian itu terjadi saat mereka melaksanakan kegiatan Pramuka. Dia mengungkap ada sekitar 250 siswa yang mengikuti kegiatan tersebut.

Penemuan salah satu korban oleh warga sekitar

“Kegiatan pramuka SMPN Turi, sekitar 250 anak susur Sungai Sempor pada saat turun di lokasi belum hujan, tetapi di hulu hujan”, jelasnya.

Hingga saat ini proses evakuasi terus berlanjut. Jumlah korban pun juga belum jelas.

“Saat ini proses evakuasi dan pendataan anak-anak di sekolah, Tim SAR menyisir Sungai Sempor. Sementara korban luka dibawa ke RS SWA”, kata Makwan.

Lurah Tridadi Sleman, Kabul, melaporkan melalui grup WhatsApp lurah mengatakan untuk sementara 4 anak meninggal dunia dan 6 anak kritis. Sisanya telah dilarikan ke klinik puskesmas setempat. Beberapa siswa juga dilaporkan ada yang belum ditemukan.

Penemuan salah satu korban hanyut di sungai

“Berita sementara MD (meninggal dunia) 4 anak dan 6 kritis”, ujarnya dikutip dari grup WA lurah pada pukul 18.30 (21/2/20).

Total Peserta berdasar informasi PMI Sleman
Kelas 7 :129 siswa, sudah absen 51 siswa
Kelas 8 : 127 siswa, sudah absen 120 orang
Korban 4 MD, A.N :

  1. SOFIA AULIA (kelas 8) alamat Sumberejo
  2. ARISMA (kelas 7) alamat Ngentak Tepan
  3. NUR AIZAH (kelas 8) alamat Kembangarum
  4. LATIFA alamat Kembangarum
Upaya pencarian korban di sungai

Enam korban selamat dibawa pulang keluarga, sedangkan Puskesmas Turi 4 korban selamat :

  1. Naswa
  2. Gama
  3. Farah
  4. Meisa

Puri Husada satu korban selamat belum diketahui identitasnya. Sumber informasi PMI Sleman update pkl : 18 .14 wib. [AMB]