kismantoro.com, KISMANTORO–Secara umum, seluruh wilayah Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri memberikan hasil pertanian dan perkebunan, seperti padi, jagung, singkong, ketela, mete, kedelai, cabai, sayur-sayuran dan empon-empon. Wonogiri Kota Gaplek terkenal dengan Nasi Tiwul dan juga Nasi Jagung, jenis makanan khas daerah Wonogiri.

Oleh karena itu muncul ide merintis usaha pemberdayaan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) PKH MEKAR SARI, usaha produksi nasi jagung dan nasi tiwul instant siap saji, yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat. KUBE PKH “MEKAR SARI” beralamat di Lingkungan Cingklok RT. 01 RW. 06 Kelurahan Gesing, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Pemberdayaan dilakukan pada bidang pertanian khususnya dibidang pangan, yaitu kegiatan usaha pengolahan makanan pokok lokal dengan bahan baku kearifan lokal jagung dan singkong menjadi makanan pokok instant siap saji “Nasi Jagung dan Nasi Tiwul”. Di Kismantoro Jagung dan singkong adalah hasil pertanian yang jumlahnya berlimpah, yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat luas menjadi menu makanan pokok maupun selingan, antara lain diolah menjadi nasi jagung dan nasi tiwul. Jenis makanan ini berbahan baku jagung dan singkong diproses secara home industri.

Produksi tiwul instan oleh kube mekar sari (foto : admin)

Meskipun diproduksi dalam skala rumahan, namun tetap mengedepankan aspek kualitas rasa dan higienis dalam produksi sehingga menghasilkan kualitas produk yang prima dengan rasa yang khas. Pembentukan KUBE dimulai dengan proses pembentukan kelompok sebagai hasil bimbingan sosial, pelatihan ketrampilan, bantuan stimulant dan pendampingan. Kelompok usaha bersama PKH “Mekar Sari” berusaha keras untuk mengangkat perekonomian para anggotanya melalui usaha home industri ini.

Dalam perjalanan perkembangan, Kube Mekar Sari berusaha mencari ide-ide baru untuk menambah varian produk yang berbahan baku Singkong dan Jagung, karena sangat disayangkan apabila hasil pertanian ini tidak diolah terlebih dahulu sebelum dijual, padahal bias mempunyai nilai jual yang tinggi apabila produk lokal ini dirubah menjadi beraneka varian. KUBE PKH MEKAR SARI maju berkembang dan bertahan sampai sekarang ini. Keberhasilan tersebut tidak terlepas dari berbagai faktor. Antara lain semangat dan kekompakan semua anggota KUBE, bimbingan dan dukungan dari pihak terkait. Warga masyarakat sekitar, Pendamping Kube, Lurah, Camat, SDM PKH Kabupaten Wonogiri, Dinas Sosial Kabupaten Wonogiri, Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah dan juga Kementerian Sosial RI semua mendukungnya.

Aktifitas pengolahan produk kube mekar sari (foto : agus)

Keberhasilan KUBE MEKAR SARI dalam mengelola bantuan modal dan peralatan, mengelola usaha saat ini sudah bias menghasilkan berbagai produk makanan yang siap diterima pasar, sehingga bias memberikan tambahan penghasilan kesemua anggotanya. Keberhasilan tersebut menarik perhatian masyarakat dan pihak dinas terkait, antara lain sering diundang mengikuti pameran produk, pelatihan-pelatihan dari dinas Disperindagkop dan UKM, selain itu juga sering mendapatkan kunjungan study banding dari rintisan kelompok usaha KUBE baru.

Hasil pemantauan dan penilaian dari Dinas Sosial Kabupaten Wonogiri, bulan Juli 2019 KUBE MEKAR SARI diusulkan mengikuti Lomba KUBE tingkat Propinsi Jawa Tengah mewakili kabupaten, dan hasilnya mendapatkan prestasi Peringkat Juara 2. Kemudian selanjutnya dilirik Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah untuk diusulkan menjadi nominasi KUBE Berprestasi tingkat Nasional mewakili Provinsi Jawa Tengah. Pada bulan Desember 2019 Kementerian Sosial RI mengumumkan bahwa KUBE MEKAR SARI masuk dalam kategori berhasil dan diundang dalam acara puncak Hari Kesetia kawanan Sosial Nasional HKSN Tahun 2019 di Kota Banjarbaru Kalimantan Selatan.

Display beberapa produk hasil olahan kube mekar sari (foto : agus)

Sesuai dengan tujuan pemerintah memberikan bantuan KUBE yaitu diarahkan untuk mempercepat mengurangi kemiskinan, melalui peningkatan kemampuan berusaha para anggota KUBE secara bersama dalam kelompok, peningkatan pendapatan, pengembangan usaha, peningkatan kepedulian dan kesetiakawanan social diantara para anggota KUBE dan dengan masyarakat sekitar. KUBE sebagai model untuk pengembangan Pemberdayaan masyarakat sesuai dengan program Pemerintah Kabupaten Wonogiri dalam upaya mengurangi angka kemiskinan.

Selain itu KUBE juga bertujuan untuk mengembangkan kreativitas, mampu menggali dan memanfaatkan potensi sumber daya alam, munculnya sikap kemandirian, munculnya kemauan, sehingga menjadi sumber daya manusia yang utuh dan mempunyai tanggung jawab sosial ekonomi terhadap diri, keluarga dan masyarakat serta ikut berpartisipasi dalam pembangunan. Sangat selaras dengan Prioritas Kerja Pemerintahan Joko Widodo – Ma’ruf Amin. Pertama yang ingin dilakukan ialah terkait pembangunan Sumber Daya Manusia, yakni membangun Sumber Daya Manusia yang pekerja keras, dinamis, terampil serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. [agus]