kismantoro.com, KISMANTORO–Pada pertemuan rutin di Desa Ngroto, dalam rangka penyuluhan KB, Bagus Setyo Utomo, S.Psi., M.A.P., selaku PKB Kecamatan Kismantoro mengajak ibu-ibu yang mempunyai balita untuk menerapkan pentingnya pola asuh anak.

Orang tua yang hebat harus bisa merencanakan membangun keluarga, membina hubungan harmonis antar pasangan, merencanakan usia pernikahan yang matang, yaitu pada umur 20-30 tahun, mengatur jarak kelahiran, merencanakan kelahiran anak pertama, berhenti melahirkan pada umur 35 tahun.

Foto bareng usai penyuluhan program kb dan pola asuh anak (foto : didik nh)

Ia juga mengajak untuk menjalankan fungsi keluarga, yaitu;
1.fungsi keagamaan
2.fungsi sosial budaya
3.fungsi cinta kasih sayang
4.fungsi perlindungan
5.fungsi reproduksi
6.fungsi sosialisasi dan pendidikan
7.fungsi ekonomi
8.fungsi pembinaan lingkungan

Dalam paparannya, Bagus menyampaikan bahwa diera moderen orang tua harus bijak dalam mendidik anak, salah satunya menjaga anak dari pengaruh media seperti permainan game handphone.

Ibu-ibu peserta penyuluhan program kb dan pola asuh anak (foto : didik nh)

“Pengaruh smartphone diera sekarang sangatlah membahayakan dalam perkembangan tumbuh anak”, tuturnya.

Sebagai nara sumber lainnya, yakni dari Puskesmas Kismantoro, bidan Tety Yuliana sekaligus selaku bidan desa Ngroto, serta Nurul Hidayah mengajak program keluarga berencana untuk KB suntik tiap bulan bagi yang menunda kehamilan dan juga menyampaikan bahaya anak kurang gizi atau stunting.

Orang tua harus memperhatikan makanan bagi anak-anak mereka dari usia satu hari, antisipasi stunting di 1000 hari pertama, memberi ASI yang cukup, makan teratur tiga kali sehari, makan sayur dan buah-buahan, memasak makanan setelah matang baru dikasih garam beryodium, karena garam yang beryodium sangatlah bagus untuk pertumbuhan balita. [didik nh]