kismantoro.com, KISMANTORO–Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (MUSRENBANGDES) adalah musyawarah yang dilaksanakan agenda Rutin setiap tahun para pemangku kepentingan (stakeholder) desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) tahun anggaran yang direncanakan dengan melewati serangkaian kegiatan penggalian gagasan serta usulan dari masyarakat desa melalui forum musyawarah Dusun (Musdus).

Musrenbang Desa Plosorejo, Kecamatan Kismantoro, Kabupaten Wonogiri tahun 2020 dilaksanakan di Pendopo Balai Desa Plosorejo pada hari Selasa, 21 Januari 2020.

Kegiatan MUSRENBANGDes ini dihadiri forkopimcam, Perangakat Desa, BPD, LPM, TP. PKK, Kader Posyandu, Pendamping Desa, serta Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ketua Pemuda, Kepala Sekolah SD. 

Para peserta musrenbang mengikuti secara antusias (foto : edi)

Dalam sambutannya, Satino Kepala Desa Plosorejo terpilih dalam masa jabatanya periode kedua, Menyampaikan Pelaksanaan Pembangunan dari Dana Desa Tahun Anggaran 2020 yaitu Pembangunan infratruktur fisik rabat jalan,Talud,saluran drainase, irigasi dll, Bantuan RTLH bagi warga masyarakat miskin sesuai dengan usulan dari warga masyarakat diwilayah Desa Plosorejo. Sementara dibidang kesehatan bantuan PMT bagi balita dan lansia dalam upaya peningkatan kwalitas kesehatan masyarakat dalam kegiatan Germas serta ditunjang kegiatan rutinan tiap bulan dari kader posyandu dan TP. PKK Desa Plosorejo. Sementara bidang kegiatan lain kepemudaan, sosial budaya, keagamaan, destana, pelestarian lingkungan hidup menjadi prioritas dalam membangun Desa Plosorejo sesuai hasil musyawarah masyarakat serta dipadukan dengan program Pemerintah Kabupaten Wonogiri, Pemerintah Provinsi maupun pemerintah Pusat.

Usai Musrenbangdes dilanjutkan pengukuhan lembaga desa (foto : edi)

Satino menambahkan, perencanaan program kerja pemerintah Desa Plosorejo dalam penyusunan RKPD Tahun 2021 tetap mengacu dari hasil usulan masyarakat tentunya disinkronkan dengan kebijakan pemerintah Kabupaten, Provinsi dan Pusat Dan saya berharap semua Tokoh masyarakat memahami hal tersebut. Serta kritik, saran dan masukan terkait perjalanan Pemerintaah Desa Plosorejo sangat diharapkan dari semua stakeholder diwilayah desa Plosorejo dalam upaya Serarengan nyawiji mbangun desa “katanya”

Camat Kismantoro Andika Krisnayana, A.P. Msi dalam sambutannya sekaligus perkenalan dalam mengemban tugas menjadi Camat Kismantoro ke masyarakat Desa Plosorejo menyampaikan acara Musrenbangdes ini merupakan lanjutan dari Musdus (Musyawarah Dusun) yang telah dilaksanakan di setiap Dusun serta agenda rutinan dalam setiap tahun agar dilaksanakan dengan sebaik-baiknya guna membangun sebuah desa serta disingkronkan dengan kebijakan pemerintah kabupaten, provinsi dan pusat. 

Para ketua lembaga terpilih se desa plosorejo (foto : edi)

Sementara itu, Indah Retnowati S.E selaku Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri dari Fraksi PDI Perjuangan, dalam sambutannya mengajak kepada semua elemen masyarakat untuk mendukung sepenuhnya Program Pemerintah Desa Plosorejo dibawah kepemimpinan periode kedua Satino serta kebijakan pemerintah Kabupaten Wonogiri dalam upaya membangun Desa.

Beliau juga menambahkan diperlukannya kekompakan dari semua elemen masyarakat dalam mendukung Program Pemerintah, selain itu sebagai anggota DPRD Kabupaten Wonogiri beliau berusaha maksimal mengemban amanah demi masyarakat Kecamatan Kismantoro. Rangakaian Musrenbangdes Desa Plosorejo ditutup  dengan kegiatan pembentukan Kelembagaan di Desa Plosorejo (RT/RW, LPM, TP, PKK, Posyandu, Karang Taruna Desa) serta KPMD dan sebagainya. [edi]