kismantoro.com, WONOGIRI
–Disaat masyarakat dihantui oleh Covid 19 yang menghambat aktifitas dan rutinitas diluar rumah, jalur tengah yang menghubungkan Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Pacitan tepatnya di KM 14 Desa Pucung Kecamatan Kismantoro kembali longsor.
Material batu dan tanah menutup hampir semua badan jalan, mengakibatkan arus lalu lintas tidak bisa melewati jalan tersebut.

Hujan semalaman yang merata diberbagai wilayah sejak Minggu malam, mengakibatkan terjadinya longsor dibeberapa ruas jalur utama tersebut. Banyak pengguna jalan, utamanya yang menggunakan kendaraan roda empat terpaksa harus putar balik dan memilih jalur alternatif, seperti melalui jalur Pasiran Pakis Baru-Ngroto, atau melalui rute jalan Bangunsari-Lemahbang.

TNI dan Polri bersama warga sekitar mengevakuasi material longsoran (foto : amb)

Petugas gabungan dari DPU, Polsek Kismantoro dan Koramil Kismantoro, dibantu oleh warga sekitar berusaha membuka jalur yang tertutup timbunan longsoran dilokasi bencana.

Sulitnya medan dan keterbatasan alat berat juga menghambat proses evakuasi dilokasi bencana. Tidak adanya alat berat dalam proses pengerukan ini mengakibatkan proses evakuasi menjadi lambat.

Forkompincam bersama anggota DPRD (Indah Retnowati, S.E.) meninjau lokasi tanah longsor yang menimbun jalan raya (foto : amb)

Masyarakat berharap, pihak terkait segera turun tangan, utamanya segera mengirimkan alat berat sehingga timbunan longsoran dapat segera disingkirkan, dan jalur segera bisa dilalui seperti sediakala. (AMB)