kismantoro.com, KISMANTORO–Virus (dalam jumlah tertentu) mengawali infeksi dengan “menempel” di selaput lendir (mata, hidung dan mulut). Artinya secara awam dipahami pintu gerbang masuknya virus adalah bisa lewat mata, hidung dan mulut. Maka jika tidak yakin tangan kita bersih, jangan mengucek mata, memegang hidung dan menyeka mulut dengan tangan.

Berangkat dari pengertian tersebut komunitas Goweser Kismantoro, atau sering dipanggil dengan sebutan GOKIS berinisiatif untuk ikut andil bagian dalam menghambat, melawan dan memerangi penyebaran virus Corona atau Covid-19 di wilayah Kismantoro. Salah satunya dengan mendistribusikan alat cuci tangan yang ditempatkan di depan pasar Kismantoro.

Penyerahan handsanitizer oleh Ketua GOKIS kepada pengurus masjid (foto : amb)

Di komandoi oleh Ketua GOKIS yang sekaligus juga Ketua Wonogiri Mountain Bike (WMTB) Wonogiri, Muhammad Fawzy serta didukung oleh anggota GOKIS pada Rabu, 25 Maret 2020 melaksanakan giat pemasangan alat cuci tangan dilanjutkan sosialisasi di depan pasar Kismantoro.

Selain itu, bekerja sama dengan pemerintah desa dan Karang Taruna Desa Miri, GOKIS juga membagikan cairan hand sanitizer dalam kemasan semprot kepada masjid dan musholla di desa Miri.

Anggota GOKIS sedang mengisikan handsanitizer ke dalam penyemprot yang akan dibagikan ke masjid/musholla (foto : amb)

Kedepan, dengan ketersediaan alat cuci tangan dan juga hand sanitizer tersebut bisa menumbuhkan kesadaran warga masyarakat di Desa Miri dan Kecamatan Kismantoro pada umumnya agar membiasakan diri untuk mencuci dan membersihkan tangan mereka setelah melakukan aktivitas kerja dan sebelum memasuki tempat ibadah, masjid dan musholla.

Dengan demikian, kita berharap, penyebaran virus Corona atau Covid-19 di wilayah Kecamatan Kismantoro bisa ditekan semaksimal mungkin dan berharap sebisa mungkin tidak tersebar di wilayah Kecamatan Kismantoro.

Tempat cuci tangan yang disediakan untuk masyarakat umum di depan pasar Kismantoro (foto : amb)

Semoga Allah SWT, Tuhan semesta alam melindungi kita semua dan melimpahkan rahmat dan barokah-Nya. Virus ini segera bisa diatasi, serta warga masyarakat segera bisa dengan tenang dan tanpa perasaan was-was melakukan aktivitas mereka. Aamiin ya Rabb… [AMB].