kismantoro.com, KISMANTORO–Satu lagi banom dari MWC NU Kecamatan Kismantoro kini mulai merintis, yakni Fatayat Nahdlatul  Ulama, mulai berkembang di Kecamatan kismantoro yang diisi oleh kalangan ibu-ibu, pemuda-pemudi dan para pelajar, walaupun belum sebesar organisasi banom lainnya, seperti Muslimat, Banser, Anshor, IPNU dan IPPNU. Kini organisasi Fatayat NU sudah mulai menunjukkan eksistensinya dalam bentuk pelaksanaan kegiatan rutin pertemuan kader fatayat se Kecamatan kismantoro.

Fatayat NU adalah organisasi yang bersifat keagamaan, kekeluargaan, sosial masyarakat dan kebangsaan dibidang pemudi (wanita). Yang beranggotakan pemudi islam berhaluan Ahlussunnah waljama’ah yang mempunyai kepemimpinan dari pengurus ranting Desa/Kelurahan dan Anak Cabang Kecamatan sampai puncak pimpinanan dibawah naungan organisasi induk yaitu “Jamiyyah Nahdlatul Ulama”.

Di Wonogiri sudah beberapa kecamatan yang telah dilantik oleh PC Fatayat Wonogiri, ada sekitar 15 kecamatan diantaranya ialah, Kecamatan Jatisrono, Kecamatan Purwantoro, Kecamatan Kismantoro, Kecamatan Puhpelem, Kecamatan Slogohimo, Kecamatan Sidoarjo, Kecamatan Tirtomoyo, Kecamatan Jatipurno, Kecamatan Jatiroto dan beberapa kecamatan lainnya.

Sementara ini di PAC Kismantoro, anggota fatayat tidak ada batasan kriteria khusus, namun umumnya adalah pemudi yang telah lulus sekolah sampai dengan ibu-ibu muda berusia 40 tahun.

Nurjanah selaku ketua dari PAC Fatayat Kismantoro menyampaikan, tujuan ikut serta dalam organisasi tersebut adalah sebagai ajang mempererat tali silaturahim, meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT, berakhlakul karimah dan menjadi insan yang senantiasa berguna bagi nusa bangsa dan agama serta meningkatkan aqidah yang sesuai dengan tujuan dari ahlussunnah wal jamaah. Ia juga berharap kepada pengurus PAC Fatayat Kismantoro, kedepan bagaimana caranya membuat organisasi ini agar lebih nyaman bagi anggotanya, kemudian membuat berbagai kegiatan yang dikemas agar menarik minat masyarakat untuk bergabung dengan fatayat.

Adapun pertemuan rutin yang dilaksanakan adalah setiap selapan ndino atau 40 hari sekali yakni hari Minggu Pahing dengan keliling dari rumah ke rumah anggota fatayat yang dikemas dengan arisan dan sima’an qur’an juga al barzanji, kedua kegiatan tersebut dilaksanakan dalam pertemuan dengan bergantian setiap kegiatannya.

PAC Fatayat Kismantoro juga ikut serta dalam kegiatan lainnya, yakni salah satunya pengajian rutin baroyo ageng MWC NU yang dilaksanakan dalam triwulan atau tiga bulan sekali, yaitu pengajian rutin dari MWC NU Kismantoro yang diselenggarakan bersama seluruh banom, baik muslimat, fatayat, anshor, Banser, Pagar Nusa, IPNU dan IPPNU. Jamaah yang hadirpun selalu maksimal, berjumlah hingga ribuan orang dalam pengajian tersebut. Kegiatan ini digelar disetiap desa atau kelurahan se Kecamatan kismantoro dengan cara bergilir dari desa atau kelurahan satu ke ke desa atau kelurahan lainnya.

Pada bulan Ramadhan, Fatayat juga ikut serta dalam kegiatan Tarawih keliling (Tarling) yang diselenggarakan oleh MWC NU Kismantoro, kegiatan ini laksanakan dimasjid atau mushola pada masing-masing desa atau kelurahan se Kecamatan Kismantoro dengan cara kunjungan bergilir setiap dua malam sekali. Berharap dengan bergabung di Fatayat bisa menjalin silaturahmi, menumbuhkan rasa ukhuwah Islamiyah serta meningkatkan pengetahuan yang baik bagi keluarga dan bermanfaat bagi nusa bangsa agama dan negara. [noor]

Tinggalkan Komentar