kismantoro.com, WONOGIRI–Keindahan yang disuguhkan oleh alam berkat karunia Tuhan Yang Maha Kuasa, semakin menambah koleksi destinasi wisata di Kabupaten Wonogiri, banyak sekali obyek wisata yang sangat mengagumkan, mempesona, akan keindahan alam yang ada, salah satunya wisata Alam Watu Adeg yang berlokasi di Desa Pucung Kecamatan Kismantoro Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah. Perjalanan dari pusat Kecamatan Kismantoro sekitar kurang lebih 10 km kearah selatan jalur Pakisbaru, Pacitan, Jawa Timur atau diperbatasan Jawa Tengah dengan Bandar, Pacitan Jawa Timur.

Pemandangan dari puncak watu adeg, curam namun eksotis (foto : admin)

Di puncak Watu Adeg kita dapat menikmati pemandangan panorama alam yang terpampang luas, nampak sangat jelas Gunung Lawu dilihat dari puncak Watu Adeg yang kokoh berdiri menjulang tinggi keangkasa. Kita juga dapat menyaksikan arus lalu lintas jalan raya yang melintasi jalur Purwantoro-Pakisbaru dengan tikungan jalan yang luar biasa ekstrim. Apalagi pagi hari sangat indah dikala sang surya mulai terbit, yang dipadu hembusan dinginnya angin menambah sejuk dan segarnya udara pagi.

Beberapa pengunjung yang mencoba melihat dari dekat kawanan monyet yang dilokasi watu adeg (foto : admin)

Lokasi Watu Adeg sangat strategis dekat dengan jalan raya, mudah dijangkau. Perjalanan dari pusat Kecamatan Kismantoro kurang lebih sekitar 10 km kearah selatan jalur Pakisbaru, Pacitan, Jawa Timur atau diperbatasan Jawa Tengah dengan Bandar, Pacitan Jawa Timur. Dilokasi ini, para wisatawan bisa mengabadikan momen di Watu Adeg berfoto-foto maupun selfi, namun diharapkan untuk para wisatawan agar tetap berhati-hati, ikuti rambu-rambu yang dipasang dilokasi karena tidak ada pagar pengaman, hanya hamparan jurang dan pemukiman penduduk, jadi tetap harus waspada.

Nampak kawanan monyet yang bergerak mendekat saat dikasih makanan (foto : admin)

Dilokasi Watu Adeg ini, selain kita bisa menikmati panorama alam, kita dapat melihat gerombolan kera yang berada diantara tebing dan pepohonan di Watu Adeg yang jumlahnya banyak sekali, bahkan karena banyaknya sering kali satwa liar tersebut untuk mencari makanan harus masuk ke pemukiman penduduk. Hal itu disampaikan oleh salah satu warga yang sedang mengikuti acara Penanaman Pohon (Talok, Jambu, Mangga, Rambutan, dll.) yang dilaksanakan Pemerintah Desa Pucung Bersama Pemerintah Kecamatan Kismantoro beserta Muspika Kecamatan Kismantoro juga Perhutani maupun relawan yang ada.

Tujuan diadakan kegiatan penanaman pohon buah dipuncak Watu Adeg adalah untuk menyediakan makanan bagi hewan kera tersebut agar tidak masuk ke pemukiman warga dan melestarikan satwa tersebut.

Barisan pohon pinus sebagai latar menambah eksotis pemandangan (foto : admin)

Di puncak Watu Adeg kita dapat menikmati pemandangan panorama alam yang terpampang luas, nampak sangat jelas Gunung Lawu dilihat dari puncak Watu Adeg yang kokoh berdiri menjulang tinggi keangkasa. Kita juga dapat menyaksikan arus lalu lintas jalan raya yang melintasi jalur Purwantoro-Pakisbaru dengan tikungan jalan yang luar biasa ekstrim. Apalagi pagi hari sangat indah dikala sang surya mulai terbit, yang dipadu hembusan dinginnya angin menambah sejuk dan segarnya udara pagi. Selanjutnya untuk mengembangkan lokasi Watu Adeg sebagai lokasi wisata alam tentunya harus dikelola dengan baik, dengan bantuan kerjasama berbagai pihak, agar bisa menjadikan lokasi wisata yang handal, exsotis di wilayah Kabupaten Wonogiri bagian timur tentunya. Anda penasaran silahkan datang di Watu Adeg.

*sumber : batas.id

Tinggalkan Komentar