kismantoro.com, KISMANTORO–Sejalan dengan intruksi Bupati Wonogiri dan Pemkab Wonogiri beserta jajarannya, menyikapi penyebaran sekaligus sebagai langkah antisipasi menghadapi virus Corona di wilayah Desa Miri, Beni Suryanto selaku Kepala Desa dan jajarannya yang didukung oleh Karang Taruna Desa “Muda Manunggal” Desa Miri melakukan penyemprotan serentak fasilitas umum di Desa Miri. Mulai dari Balai Desa, masjid, mushola, pos kampling, sekolah, Balai RT/RW semua tidak luput disambangi oleh Tim dan dilakukan penyemprotan.

Selain merupakan program Pemerintah Desa Miri yang bertujuan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Desa Miri, ini juga langkah antisipasi imbas dari kepulangan pemudik yang merantau di wilayah Jabodetabek asal Wonogiri yang nekat mudik karena Jakarta telah menetapkan status tanggap darurat Covid-19. Tidak menutup kemungkinan, perantau asal Desa Miri juga menjadi bagian dari mudik ramai-ramai tersebut.

Pemerintah desa pun menyiapkan sejumlah langkah mengantisipasi penyebaran virus Corona. Sosialisasi dengan publikasi dan perintah resmi Kepala Desa Miri melalui Kadus, Ketua RT/RW sedesa Miri untuk melaporkan kedatangan perantau yang selanjutnya dihimbau untuk melakukan screening di Puskesmas Kismantoro dan melakukan Social Distancing sampai benar-benar dinyatakan aman dari Covid-19.

Selain itu penyebaran pamflet dan brosur juga dibagikan dan dipasang ditempat-tempat umum dan strategis yang bertujuan agar warga masyarakat Desa Miri ikut berpartisipasi dalam gerakan melawan penyebaran Covid-19 ini.

“Kami sadar, Covid-19 tidak bisa disepelekan, giat kita hari ini merupakan bentuk antisipasi dan langkah pencegahan penyebaran virus Covid-19 di Desa Miri, selain itu, ini juga menjadi komitmen pemerintah desa Miri dalam rangka ikut berpartisipasi upaya Pemerintah dalam memutus mata rantai virus Covid-19 di desa Miri,” ungkap Beni Suryanto selaku Kepala Desa miri melalui wawancara WhatsApp.

Mudah-mudahan dengan adanya sosialisasi ini masyarakat semakin paham akan pentingnya kesehatan dan juga mematuhi himbauan yang diserukan pemerintah. [AMB]