kismantoro.com, KISMANTORO–Pada hari Selasa (18/02/2020), sejak jam 11.30 WIB perwakilan warga masyarakat Kismantoro sudah mulai berdatangan di Pendopo Kecamatan Kismantoro untuk menghadiri undangan Pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Kismantoro Tahun 2020.

Ada yang menarik dalam Musrenbang Kecamatan Kismantoro tahun ini, yakni mendapatkan kehormatan dihadiri langsung oleh Bupati Wonogiri, Joko Sutopo. Ada perhatian khusus untuk wilayah Kismantoro agar segera bisa menyelesaikan permasalahan kemiskinan yang masih kompleks.

Tak lama setelah Bupati hadir, rangkaian acara Musrenbang segera dimulai. Diawali sajian pentas tari Gambyong persembahan dari anak-anak SDN 1 Miri, kemudian dilanjutkan beberapa sambutan dari Camat Kismantoro, Andika Krisnayana, AP., M.Si. dan Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri, Indah Retnowati, S.E.

Usai sambutan dilanjutkan sesi penyampaian usulan dari peserta musyawarah, yang dipimpin oleh Tim dari Bappeda Kabupaten Wonogiri.  Setelah semua usulan dari peserta sudah disampaikan dan ditampung dengan maksud untuk bahan arah pembangunan di Kismantoro, dengan jeda waktu yang tidak terlalu lama kemudian dilanjutkan pidato sambutan dan pengarahan Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, yang sudah dinantikan oleh seluruh peserta musyawarah.

Seperti biasanya, Bupati Wonogiri yang akrab dipanggil “Mas Jekek” menyapa dengan senyum ramah warga masyarakat yang hadir. Ada kabar gembira dalam pidato Bupati Wonogiri yang berkali-kali mendapatkan sambutan tepuk tangan dari warga masyarakat Kismantoro yang hadir.

Di awal pidatonya, disampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Wonogiri akan memberikan perhatian khusus ke Kismantoro, akan banyak program kegiatan yang ditujukan ke wilayah Kismantoro, baik infrastruktur, pendidikan, kesehatan maupun permasalahan kemiskinan.

Terkait kegiatan Musrenbang, Joko Sutopo menjelaskan bahwa kegiatan ini jangan hanya sebagai ajang lomba pidato atau seremonial belaka. Akan tetapi kegiatan ini harus bisa dimaksimalkan untuk percepatan mengurangi kemiskinan di Kismantoro.

Bupati wonogiri (berpeci) didampingi forkompincam kismantoro, anggota dprd dan kepala bappeda (foto : agus)

“Musrenbang Kecamatan harus bisa memunculkan rasa kepedulian terhadap warga masyarakat  miskin, Musrenbang Kecamatan harus bisa memunculkan rasa tanggung jawab bersama untuk membantu warga miskin di sekitar kita”.

“Seperti misalnya usulan pembangunan Gapura, pagar atau talud-talud yang tidak produktif bisa ditunda terlebih dulu”.

Memprioritaskan program pengentasan kemiskinan dulu, contohnya membantu Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), bantuan pelatihan ketrampilan dan modal untuk pemberdayaan usaha, bantuan untuk karang taruna atau forum anak remaja bisa untuk menggali potensi ketrampilannya”.

“Jangan mementingkan ego sektoral, semua usulan rencana pembangunan tujuan orientasinya harus bersama-sama untuk prioritas membantu memajukan masyarakat Kismantoro”.

“Kismantoro masih menjadi prioritas perhatian Pemerintah Kabupaten, silahkan dibantu bersama-sama”, tegas Beliau.

Bupati wonogiri menyampaikan paparan program kerja pemkab (foto : agus)

Kemudian terkait masalah pendidikan, Joko Sutopo menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Wonogiri akan hadir memberikan bantuan seragam gratis untuk siswa sekolah SD dan SLTP se-Kabupaten Wonogiri. Terkait kesehatan juga, jaminan kesehatan bagi warga masyarakat tidak mampu juga akan dibantu melalui program BPJS KIS Penerima Bantuan Iuran (PBI) dengan premi setiap bulan dibayar oleh pemerintah.

Sebelum mengakhiri pidato, Joko Sutopo, memberikan pesan agar para hadirin bisa menjaga kebersamaan, menjaga kegotong-royongan dan saling peduli. Kemiskinan harus kita lawan bersama-sama dengan gotong royong dan saling peduli.

Camat kismantoro saat menyampaikan sambutan kepada peserta musrenbangcam 2020 (foto : agus)

Camat Kismantoro, Andika Krisnayana, AP., M.Si.  dalam sambutannya di awal acara, memberikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bupati Wonogiri yang terus selalu memberikan perhatian lebih kepada masyarakat Kismantoro. Masyarakat Kismantoro sangat bangga mempunyai pemimpin seperti Beliau. Go Nyawiji Sesarengan Mbangun Wonogiri. [agus]