kismantoro.com, WONOGIRI–Pengangguran merupakan masalah penting yang harus segera diatasi karena sangat berpengaruh kepada perkembangan suatu negara. Upaya Pemerintah untuk membantu mengatasi permasalahan terkait pengangguran dengan mengeluarkan berbagai kebijakan guna mengurangi pengurangan dan menekan angka penganguran serta menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya serta menyiapkan sumber daya manusia.

Peran UPTD Balai Latihan Kerja Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Wonogiri dalam kegiatan Rapat Evaluasi dan Koordinasi Tekhnis Program BLK SATELIT Tahun 2020 yang dilaksanakan diaula UPTD BLK Kabupaten Wonogiri, Kamis 13 Februari 2020, diikuti oleh Tenaga Ahli (TA) PMD Kabupaten Wonogiri, Pendamping Desa, Kasi Kesejahteraan Kecamatan, serta pengurus BLK SATELIT penerima program.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Wonogiri, Ristanti mengatakan dalam menyiapkan tenaga kerja yang berkualitas bagi keperluan dunia usaha, UPTD BLK berupaya untuk meyiapkan tenaga kerja berkompetensi dan berkualitas sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dan usaha mandiri, mempunyai peran strategis dalam upaya membantu mengurangi permasalahan pengangguran di wilayah Kabupaten Wonogiri serta kegiatan program dalam pelatihan yang sudah dilaksanakan untuk tetap didampingi serta berkelanjutan dalam produktifitas.

Ristanti (tengah) Kepala Dinas Tenaga Kerja Wonogiri (foto : edi)

“Pelatihan berbasis kompetensi serta dukungan data potensi, serta permasalahan  diwilayah desa di Kabupaten Wonogiri, kami harapkan dengan penambahan kualitas SDM dan peralatan pelatihan, mampu meningkatkan output dan outcome pelatihan yang mampu berdaya saing serta dapat menciptakan lapangan kerja serta tenaga terampil,” terangnya.

Dengan angkatan kerja yang tiap tahun mengalami peningkatan, bagi tenaga kerja usia produktif melalui BLK SATELIT dengan kegiatan pelatihan dan terbagi dalam jurusan seperti menjahit, otomotif, garmen, teknik pendingin, teknisi handphone, teknik mobil bensin, teknik mesin, perakitan computer dan lain-lain.

Pelatihan berbasis kompetensi ini merupakan paket pelatihan dari anggaran pemerintah yang diharapkan mampu menghasilkan tenaga kerja yang kompeten, memiliki daya saing dan mampu untuk mengisi pasar dunia kerja di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sehingga diharapkan, program pembekalan keterampilan BLK SATELIT juga disesuaikan dengan permintaan perusahaan atau industri maupun untuk dunia wirausaha sesuai dengan potensi yang ada, termasuk hambatan permasalahan dari segi permodalan, alat dan jaringan pemasaran.

Rapat Evaluasi dan Koordinasi Tekhnis Program BLK SATELIT Tahun 2020 yang dilaksanakan diaula UPTD BLK Kabupaten Wonogiri, Kamis 13 Februari 2020 (foto : edi)

Beberapa Program Balai Latihan Kerja (BLK SATELIT) tahun 2020 dalam upaya membangun kompetensi, diantaranya yaitu :

1.Pembuatan kue dan roti

2.Tekhnisi audio dan video

3.Finishing dengan tekhnik semprot

4.Pelatihan menjahit dengan Mesin

5.Pelatihan Menjahit Komponen Pakaian

6.Asisten pembuat pakaian

7.Budidaya Jamur

8. Pembatik

Balai Latihan Kerja (BLK SATELIT) merupakan program Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Wonogiri melalui UPTD BLK Wonogiri yang mewujudkan transfer informasi skill dan pembelajaran di luar kelas BLK. Serta didukung tenaga ahli yang diterjunkan langsung ke masyarakat untuk bekerja sama dalam mengembangkan kompetensi dalam upaya mendukung program Pemerintah Kabupaten Wonogiri dalam mewujudkan SDM Unggul Indonesia Maju. [edi]